HomeLIFESTYLEHealthBatas Minum Kopi Setiap Hari Yang Aman Untuk Ginjal

Batas Minum Kopi Setiap Hari Yang Aman Untuk Ginjal

spot_img

HARAPANMEDIA.COM, BATAM- Mengonsumsi kopi sudah menjadi satu bagian dari keseharian yang tidak dapat dipisahkan. Selain karena rasanya, kopi juga dianggap sebagai suntikan semangat untuk memulai hari atau mood booster ketika rasa kantuk dan jenuh menyerang di pertengahan hari.

Meski dianggap memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, kopi juga bisa berdampak buruk dan berisiko memicu masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki efek diuresis dan takikardi, sehingga menyebabkan detak jantung lebih cepat dan durasi buang air kecil lebih sering.

Manfaat kopi untuk ginjal
Sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Johns Hopkins Medicine menemukan bahwa minum setidaknya satu cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko cedera ginjal akut dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya.

Hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal Kidney International Reports mengungkapkan bahwa konsumsi kopi setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko cedera ginjal akut sebesar 15 persen.

Selain itu, penurunan terbesar terlihat pada mereka yang minum dua hingga tiga cangkir (22 persen hingga 23 persen risiko lebih rendah).

Berikut sejumlah manfaat minum kopi untuk ginjal:

1. Menurunkan risiko penyakit ginjal kronis (PGK)
Studi menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam kopi dapat membantu melindungi ginjal dari kerusakan akibat peradangan dan stres oksidatif.

2. Meningkatkan fungsi ginjal
Kafein dalam kopi dapat meningkatkan aliran darah ke ginjal, yang berpotensi membantu proses penyaringan zat sisa dalam tubuh.

3. Mengurangi risiko batu ginjal
Kopi memiliki efek diuretik ringan yang dapat membantu tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan dan mengurangi kemungkinan pembentukan batu ginjal.

BERITA TERKAIT
spot_img

POPULER HARI INI

BERITA TERKINI